Seoul - South Korea

Pengalamanku di Korea Selatan pada saat autumn, awal oktober 2010. Dan lumayan dingin , suhunya seperti Puncak malem-malem atau di Lembang.  Tapi aku dah biasa sama suhu begini karna aku tinggal di Bandung. Perbedaan waktu Korea dan Indonesia hanya 2 jam. Trus cuma bisa pake provider di Korsel. Kalo providernya kartu Indonesia kayak telkomsel atau im3 mahal bangett biaya sms or telponnya, terima sms aja aku kena roaming . :(( 

Akhirnya aku milih pake kartu lokal atau ke warnet dehh. Warnet disana tulisannya PC dan biaya per satu jamnya itu 2000KRW . Awalnya bingung ga tau yg mana yg namanya warnet, karena tulisan pada bulet-bulet ga jelas, mana keyboard juga tulisannya bulet-bulet, ditambah lagi orang Koreanya jg rata-rata ga bisa english, jadi pake bhasa tarzan, uu aa uu aaa uu . .
=__=''

Sebenernya, aku bisa ke Korea karena beasiswa dari Dikti setelah lolos serangkaian seleksi. Kalo cerita tentang seleksinya bakal panjang banget, karna 2 bulan proses seleksinya. Jadi aku ga ngerti abis biaya berapa pesawatnya bolak balik korea indonesia, hotelnya, biaya makan, dan segalanya kecuali belanja .
hhahahaaaaa.

So, langsung aja cerita tentang seoul.
Disini aku belajar banyak hal, makanan, keramahan orang-orangnya. Setelah mendarat di Incheon international airport, langsung dibilangin klo ni airport termasuk 5besar bandaranya yg terbagus fasilitas dan paling besar di dunia. Waooow.
Kita doakan saja semoga soetta bisa dapet predikat gitu juga.
Awalnya aku sempet kaget karena di Korea semua menggunakan toilet kering. Padahal di Indonesia kan musti ada air, ga afdol kalo ga dibasuh pake air. Alhasil aku bawa botol aqua kemana-mana ditas supaya aman buat ngebasuh tiap abis pipis dll.
hhahahaa.

Sepanjang perjalanan dari incheon ke Seoul ngabisin waktu 1 jam dan musti ngelewatin jembatan di sungai han dan laut pasang surut yang lebar dan luas.
Jembatan ini ngehubungin airport dengan Seoul. Karna airportnya bukan di Seoul.
Jembatan di sungai han ini panjaaaaaaaaaaaaang bnget, Suramadu kalah deh.
Aku harap ni jembatan bakalan ada di Indonesia. Kalo itu adaa, ajib dehh Indonesia.
aminnn.
 
Nah, disekitar sungai han ini, ada tempat-tempat romantis buat pacaran, naik sepeda, naik kapal pesiar, dan kalo malem-malem indaaaah banget , banyak lampu-lampunya.
Sungai han juga dipake bwt syuting film Brilliant Legacy (film Korea yg diputer di Indosiar).
Ktanya sih, sungai han itu tempat favorit nomer 1 di Seoul klo lagi fall. Pacaran sambil liat sakura, malam mingguan pula, huooho, mauu dooonkkk !!
sayang sekali kesini pada saat autumn, jdi pohon-pohon pada orange . .

sungai han


Soal makanan, di Korea higienis kok. Bahkan nasinya empuk dan pulen deh. Ga ada item-itemnya.
wkwkkw. Trus aku jajan ubi gitu disana, namanya gungo-guma, ubi khas Korea, ada yang di goreng ma di bakar . Aku nyoba yang di goreng. Rasanyaaa maknyoos !! ga ada micin, ga pake minyak jelantah, jadi tenggorokan save deh mau makan gorengan sepiring juga . terus banyak seratnya, katanya sih yang bikin cewek-cewek korea langsing itu karena sering makan ubi ini. Karena jaman dahulu kala, orang korea ga punya makanan cemilan yang enak kecuali ubi, jadi mereka sampai sekarang termasuk yg muda-muda masih suka jajan ubi, apalagi kalo winter, banyak yang jual gungo-guma di taman-taman.

Waktu awal dateng di Seoul, langsung disuguhi ama kimchi, itu makanan katanya orang Korea sih nikmat dan mahal. Orang Korea suka makan babi dan soju. Berhubung diriku muslim, satu yg aku inget tiap ke restoran, kita harus bilang "dwejigogi mommogayo".
Artinya saya tidak makan daging babi. Malah aku sempet dikasi makan ayam kuah ginseng, tapi ternyata kuahnya itu ada campuran araknya. bisa ngangetin badan yg lagi kedinginan .

Nah looh , akhirnya kita mau makan apa coba kalo gituu ? kok susah ya cari yang halal ??
akhirnya yaudah dehh aku makan mie udon, salad, sashimi, seafood, bulgogi.
bulgogi tuhh kayak daging kambing di panggang tapi dah di potong kecil-kecil, dan mantab bgett !
harganya per orang 4000KRW makan bulgogi ini.
Klo makan sashimi di restoran Elmareta harganya 35000KRW, atau sekitar 250000 IDR per org.
Dan setiap kita makan, kita pake sumpit besi.
Susahnyoooo pake ni sumpit. Sumpit dan sendok di korea panjang2 ukurannya.
Sempet frustasi juga pake ni sumpit. LOL.

Oia , tempat belanja pakaian n cinderamata ada di doota, dongdaemun-gu .
Dan tw ga ??
Pas sampe di doota , mataku langsung melek bo' , secara cewek tulen . Aku melongo aja liat tuhhh pakaian-pakaian yg fashionable dan lucu-lucu, hohoho.
Tapi mahal.
Dompet itu harganya sekitar 150000KRW..
=__=''
Yauda dehh jadi aku cm gigit jarii aja dan cuma beli cinderamata buat oleh-oleh .
Harga kaos tuuh sekitar 3000KRW, gelas arak kecil lucu yg tulisan Korea gtu 2500KRW/dus isinya 5 , kipas, gantungan kunci, gantungan hape, sumpit, dll itu murah2.
okelahh ya kalo harga cinderamata begtu masi bisa dimaklumi.
Selain itu ada juga tempat belanja di itaewon.
disni ada masjid, kampung arab, trus ada yg jualan perhiasan batu amethyst.
cantik-cantik perhiasannya, dan murah-murah.

Pas di masjid itaewon, aku takjubb bgtt, ya allohh, akhirnya aku nemuin masjid juga di seoul .
karena disini jarang masjid, dan susahh cari mkanan halal.
Btw, jadwal solat jumatnya disini jam setengah 1, dan jangan harap dehh nemuin musholla di tiap gedung .

oia , aku juga mengunjungi gyongbok palace & museum folklore korea.
nah dua tempat ni sama-sama ada di central city 0km di seoul , gwanghamun .
kalo pas malem-malem ajibb bangett . cantiikk pemandangannya bwt foto2 .
yahh ga nyesel dehh nongkrong disini ampe malem juga , kadang ada live concertna di depan gyongbok palace .

waktu di gyongbok palace siang hari

0 km , gwanghwamun jam 12 malem . .


Siapa yg pernah pakai pakaian adat orang Korea ??
yeaahh namanya hanbook .
Aku make hanbook ini cuma bentar sih , cuma numpang bwt pemotretan doank .
wkwkwkw. tapi asli ga ribet pakenya , ga kaya pake kebaya jawa .

Dan kalian tau ga ?ternyata orang disana jarang mandi, whattt!
bahkan waktu aku di toilet , aku ngeliat cewek Korea lagi sikat gigi jam 9 pagi , katanya dia blum mandi =___='' hhahahaha . Tapi walaupun mereka jarang mandi, kok kulitnya putih mulus begitu yak ?
ckckkck. katanya sih gara-gara makan kimchi tiap hari, bener ga sih?? Aku jg salut banget, cewek-cewek disana fashionable banget klo lagi kuliah dan jalan-jalan. Aku jadi merhatiin cara pakaian mereka. jadi terinspirasi .

Ada yang pernah denger everland theme park ?? ini tempat buat main , kayak dufan. Aku kesini cuma sbentar aja. Wahananya ada 4dimensi, trus disini ada roller coaster yg tertinggi terpanjang dan tergila di dunia. . hahhha . Cuma pas aku kesana temanya lgi halloween gtu .
jadi suasananya orange , banyak labu , banyak model-model hantu , konser halloween .
kebayang kan gimana suasana halloween ?
Dan yang anehnya , kenapa disini banyak yg jualan es krim saljuuu , padahal dinginnya udah mampus .
haiiyyyhh .

everland siang hari , klo malam hari lebih bagus karena banyak lampu labu halloween


Seoul juga punya world cup stadium yg besarrr dan baguss terawat .
sebenernya aku ga terlalu suka yg namanya bola. jadi pas aku kesini, aku ga merasakan feel yg terlalu dalam di tempat ini. Aku cuma kagum aja sama gelas kertas yang disediain disini .
gelasnya dari kertas setipis hvs , dan cuma dilipet kayak amplop angpao kecil warna putih , dan itu dijadiin gelas .
sempet ga percaya sih kalo itu gelas .
pas dicobain buat minum, weew ternyata ga bocor !!
huauauaaaha, katrok dehh.
 worldcup stadium

Hmpph , cerita apalagi yaa ?
sebenernya masi bnyaaak yg mau diceritain, tapi kalo dipikir-pikir mau berapa page bakal aku abisin buat cerita secara detailnya .
Yeeahh semua yg aku ceritain hanya sekelumit dari pengalaman aku di Korea Selatan . Belum termasuk pengalaman study aku disana lohh , dan apa yg aku dapet selama study disana . . tapi dah cape ngetikk .
>.<

The last words i want to say thank you so much for Korea , Dikti , my university , mama papa,temen-temen , om , tante , mbah , pakde , bude, bulek , tetangga samping dpan blakang rumah , pak RT , mamang ojek , pak pilot, dan semuanya yg tidak bisa disebutkan satu persatu , aku ngucapin trima kasih yg sebesaaarrr langitt buat kebaikan , dukungannya , dan semangat yang dikasi ke aku.
love u all .
:))

the city of Seoul

Comments

  1. wahahahahah
    detail banget yah ceritanya.....
    aku aj belum kepikiran buat ceritanya di blog..
    wkwkkw
    gud note,,..
    love it

    ReplyDelete
  2. hahhaaa . tengkyuu mas .
    ^__^
    just wanna save my memory about seoul in this my own written .

    ReplyDelete

Post a Comment