Product (Industry) Life Cycle is Human Life cycle?

Setelah saya mengamati beberapa perilaku dan siklus kehidupan manusia, saya menyimpulkan bahwa "Human Life Cycle is not really different with Product Life Cycle.."
Sejatinya manusia adalah makhluk ciptaan tuhan, milikNya lah raga dan jiwa ini..
Dan suatu product yang kita konsumsi setiap harinya dibuat oleh tangan-tangan manusia yang suatu saat akan memasuki Phase Decline.
Seperti halnya manusia yang dapat memasuki fase tersebut, fase dimana kita harus meninggalkan dunia, fase yang memaksa kita untuk berhenti bernafas dan berkarya, sehingga kita tidak lagi diakui ke-exist-annya dan membuat kita tersingkirkan..


Suatu Produk ketika di-launch untuk pertama kalinya, harus menggunakan strategi-strategi tertentu agar dapat dikenal luas masyarakat dan mempunyai daya beli yang tinggi, sehingga akan menghantarkan produk tersebut ke fase growth, dimana semua orang mulai membutuhkan produk ini, mulai mencari hingga akhirnya masuk ke fase mature..
Tetapi apabila produk ini tidak melakukan suatu inovasi-inovasi yang membuatnya berbeda dengan produk saingannya yg lebih baik darinya, maka hal tersebut akan menjadi momok besar bagi produk tersebut utuk masuk ke dalam fase decline.

Inovasi yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk tetap exist dipasarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti differenciation product, cost leadership, atau menambahkan value-added terhadap barang tersebut sehingga memiliki keunggulan tertentu dibanding produk lainnya.

Sebagai manusia tentunya kita menyadari, bahwa apabila kita tidak memiliki value yang dapat membuat kita berbeda dengan orang lain, maka kita tidak melakukan inovasi apapun.
Datar..
Itulah kata yang pantas untuk manusia yg cepat berpuas diri dengan pencapaiannya yg sekarang dan tidak mempunyai hasrat bermimpi lagi. Dengan kata lain, orang tersebut hanya melakukan pekerjaan berulang-ulang seperti robot yang tinggal menunggu masa decline-nya.


Can you see where are we now? Can you see where you are standing now?
How many billion people in this world?
6.9 Billion people in this world!!

okeee, let see how many million population in Indonesia on 2011?
242.3 Million people in Indonesia

Then how many people in middle-up level in Indonesia? They said, We are developing country?
So, majority in Indonesia are rich people or not??
How about Education in Indonesia?
Are they smart enough?

And in which level are you??


Are you satisfied enough with your achievement today?
If you said yes, then you are in the mature level which will take you to decline phase, and please be aware and prepare for it..
Prepare that sooner or later, you will be kicked out from your community, company/institutions, or even from this world..

Comments