Padang-West Sumatra

Masih ingatkah kalian tsunami yang menghempas Aceh dan Padang pada tahun 2004 silam sebesar 9.1SR? Bahkan baru-baru ini, tepatnya 11 dan 19 April 2012 terjadi lagi gempa di Padang sebesar 8.5SR.
Hal tersebut membuat Padang terlihat seperti kota mati, banyak penduduk yang takut untuk tinggal di sekitar pantai Padang, mereka lebih memilih untuk tinggal di Bukit Tinggi. Karena tiap saat mereka dihantui perasaan was-was akan terjadinya gempa susulan ataupun tsunami yang menghadang mereka.

Yakk, memang masih ada sisa-sisa luka yang tersirat dalam keindahan kota Padang ini. Terbukti dari adanya beberapa bangunan yg ambruk dan perlu diperbaiki akibat gempa, jalanan yang masih lengang dan tidak ada kemacetan dimana-mana seperti yang terjadi di Kota Bandung ataupun Jakarta. Sehingga supir angkot bebas kebut-kebutan dijalanan dengan musik dugem yang luar biasa kencangnya.
Supir tersebut bak seorang saudagar yang memiliki jalanan tersebut seorang diri tanpa menghiraukan keselamatan warga lainnya. -_-''


Jam Gadang
Padang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi, mulai dari air terjun, bukit, historical place, hingga pulau-pulau cantik disekitarnya. Tapi uniknya, kalian nggak akan menemukan minimart di kota Padang ataupun Bukittinggi, yang ada hanyalah warung-warung kecil di pinggiran dan hanya ada satu Mall di Sumatra Barat, yaitu Basko Grand Mall di Padang.
Hal itu dikarenakan peraturan dari Pemerintah Daerah Sumbar itu sendiri yang ingin melindungi pedagang-pedagang kecil yang ada disana dari kegiatan monopoli minimart. Baik ya pemerintahnya? :)
Coba bandingkan dengan minimart yang ada di Kota Bandung, dalam satu jalan kalian akan temukan 2 atau lebih minimart. Terkadang berhadap-hadapan pula. -_-''

Di Pantai Padang, terdapat beberapa payung ceper yang berwarna-warni di tepian pantai. saking cepernya, kalian ga akan tau siapa yang ada didalem payung-payung besar tersebut.
Disini kalian bisa menikmati indahnya sunset sambil minum es kelapa muda, makan sate padang, ataupun menyantap jajanan lainnya.

Payung ceper dikala siang hari

Air terjun Lembah Anai merupakan air terjun yang terletak di pinggir jalan arah Padang-Bukittinggi. Disini ada kejadian mistis yang gw alami. Gw memotret kuntilanak di air terjun ini. wuuu~ seramm!!
alhasil, gw langsung delete tuh foto karena gw ketakutan. haha. >.<


Di bukittinggi, kalian akan menemukan jam gadang, gunung merapi, lobang jepang, dan ngarai sianok, serta plaza yang nggak begitu besar sebagai pusat shopping untuk penduduk sekitar.
Yang menariknya, di lobang jepang itu aura mistisnya terasa sekali, salah satu teman gw sampai dipegang kakinya oleh makhluk astral.
Karena lobangnya itu jauuhh didalam tanah, sekitar 40meter kedalamannya, hal itu membuat udara sangat lembab dan susah untuk bernafas. Dan lagi, ada penjara bawah tanah dimana masih terdapat tengkorak-tengkorak pekerja romusha yang mati kelaparan disimpan didalamnya.

Lobang jepang

Ada salah satu corner didalam lobang jepang ini yang bertuliskan "dapur". Gw kira, ini adalah dapur untuk memasak, ternyata ini adalah dapur pembantaian. jadi romusha yang membangkang atau sakit-sakitan langsung dipancung, dan kepalanya akan dihanyutkan di sungai di ngarai sianok.
Ngarai sianok merupakan jurang yang dalamnya sekitar 100meter dengan lebar 200m dan merupakan bagian patahan Semangko yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian. Di jaman kolonial Belanda, jurang ini namanya kerbau sanget, karena banyak kerbau liar yang hidup di dasar ngarai ini.

Lubang untuk menghanyutkan kepala romusha


Ketika kalian berjalan-jalan di Jam Gadang, kalian akan menemukan banyak sekali jajanan pasar dan makanan padang yang luar biasaaa enaknyooo. . Apabila malam tiba di kawasan jam gadang, kalian akan menikmati dinginnya kota Bukittinggi dan bisa nongkrong-nongkrong asik disini sambil menikmati gemerlapnya lampu Jam Gadang.
Dan kalian ga boleh melewatkan untuk mencoba segala kuliner yang ada di padang. terutama es durian di Iko Gantinyo yang terletak didekat taman siti nurbaya. Maknyoss!!

Pantai Pulau Pagang

Kebanyakan orang mengenal Pulau yang indah di Sumbar adalah pulau sekuai, tapi sayangnya yang gw kunjungi adalah pulau pagang. Di pulau pagang, masih belum terjamah oleh tangan-tangan manusia, bahkan listrikpun tak ada. Sehingga, fasilitas di pulau pagang tidak sebagus di pulau sekuai. tapi pemandangannya luar biasa indahnya. ombaknya tenang, pasirnya yang lembut, air yang jernih, dan tidak ada bulu babi atau karang-karang yang menyakiti kaki apabila berjalan ditepi pantainya.
Bahkan bila dibandingkan dengan pantai manapun yang pernah saya kunjungi selama ini, pantai pulau pagang is the best!! ever!! ^_^



Sunset di Pagang


Comments

  1. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
  2. makasihhh semangaatnya ! insyaallah nanti saya bakal berkunjung ke malang. Bromoo !! :)

    ReplyDelete

Post a Comment